Minggu, 28 Oktober 2012

[Tutorial] How to Create Appendable CD-R ?

Hallo Blogger......

Mau share sedikit nih tentang Tutorial Multisession pada saat burning CD-R.

Mungkin agan-agan disini belum banyak yang tau kalo CD-R bisa di tambah isi filenya / di append. Ya.... saya juga awalnya tidak percaya kalo CD-R bisa di append.... yang saya tahu hanya CD-RW... Karena ketidakpercayaan itu, pada akhirnya saya melakukan eksperiment dengan modal CD-R dan 2 software Burning di Linux Ubuntu saya.... Yang pertama adalah Brasero , dan yang kedua adalah K3B.


Pada eksperiment pertama dengan Brasero, setelah burning sukses, dan ingin menambah file, ternyata TIDAK BISA. Entah saya yang belum menemukan caranya atau memang tidak bisa, tapi di website Brasereo sih sudah support multisession. Hmm, Alhasil saya Googling sana sini dan menemukan salah satu kata, yaitu "MULTISESSION". Apa itu ???? Multisession adalah melanjutkan session/project burning kita agar bisa dilanjutkan projectnya atau meng-append file ke CD yang sudah di burning.... dan ternyata Brasero tidak bisa melakukan hal itu...


Eksperiment kedua yaitu dengan K3B. Dan ternyata K3B bisa melakukan fungsi Multisession itu... Bagaimana caranya ? berikut Tutorialnya.....

Pada saat burn pertama kali, seperti biasa, Klik File > New Project... dan pilih file yang akan di burn.... Maka file akan ditambah di bagian bawah Window dari K3B.


Lalu jika sudah selesai, maka klik "BURN", dan muncul window berikut :


Pilih tab "MISC" dan pada bagian "Multisession Mode", pilih "Start Multisession". Dan Klik "Burn".


Tunggu sampai proses selesai.....

Nah.... sampai disini kita sudah bisa membuat CD-R kita appendable.... lalu untuk menambah file ke dalam CD-R yang tadi kita burn, maka pilih File > New Project > Continue Multisession Project. Maka akan keluar window sebagai berikut :


Pilih session terakhir yang pernah dilakukan. (Digambar ada 2 session karena saya sudah melakukan 2x burn dengan K3B). Lalu klik OK.

Lalu selanjutnya pilih file yang akan ditambah ke dalam CD-R. lalu klik Burn. Dan pada saat muncul window ini :


Pada bagian Multisession Mode, pilih "Auto", lalu klik BURN.

Dan akhirnya.... kita sudah bisa berhasil membuat CD-R kita appendable.... :)

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya..... :))

Happy Linux-ing !!!

1 komentar: