Senin, 01 Oktober 2012

Bisnis dan Informatika ? Mungkinkah ?


Wah , udah lama ga ngeblogs lagi nih.... baru masuk kuliah dan kebetulan dapet tugas yang disuruh ngebahas tentang bisnis informatika. Apa sih yang dimaksud dengan bisnis informatika ? Bisnis ya bisnis, informatika ya informatika.. kok digabung ? Bisa ya ? And jawabannya adalah SANGAT BISA... Well, untuk pertama dalam pembahasan ini, saya akan bahas apa itu Bisnis Informatika, lalu selanjutnya saya akan bahas salah satu usaha bisnis yang menggunakan informatika.



Bisnis Informatika merupakan 2 kata yang berasal dari kata “Bisnis” dan “Informatika”. Bisnis berasal dari kata business = busy = sibuk. Bisnis dalam arti luas menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
So, dapat diambil kesimpulan bahwa Bisnis Informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.
Well, sudah ngerti kan apa itu bisnis informatika ? Nah, sekarang saya akan berusaha review salah satu usaha bisnis yang menggunakan Informatika sebagai salah satu cara untuk menjalankan usaha/bisnisnya. Perusahaan yang akan saya bahas disini adalah tentang Minuman kopi, bisa dibilang ini adalah “Starbucks-nya” Indonesia, ada yang tau ? yap... usaha yang akan saya bahas adalah Semerbak Coffee. Apa ya yang akan saya bahas disini.. Saya akan membahas kaitan antara Semerbak Coffee dengan bisnis informatika. Langsung aja kali ya ke point pertama dari bahasan ini.



Menurut website resmi dari Semerbak Coffee, dijelaskan Visi dan Misi dari semerbak Coffee, yaitu

Visi
Menjadi franchise minuman kopi blended siap saji no.1 di Indonesia dengan investasi yang terjangkau.
Misi
Memberikan kepuasan kepada konsumen dengan berfokus pada produk, sistem dan pelayanan yang berkualitas

Sumber Daya Manusia

SemerbakCoffee merupakan salah satu perusahaan waralaba lokal kopi-blend yang pada awalnya hanya terdapat satu otlet. Namun dengan respon yang sangat bagus dari konsumen, bisnis ini semakin berkembang dan berkembang. Sekarang, sudah tersebar 270 outlet, tersebar di seluruh Indonesia (per 31 Desember 2010). Lalu bagaimana untuk bisa mendapatkan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia tersebut ? Semerbak Coffee mempunyai situs website yang dapat digunakan untuk registrasi untuk menjadi partner mereka. Berbagai kemudahan ditawarkan Semerbak Coffee, diantara lain adalah partner bisa memesan produk, mendownload proposal, bahkan untuk calon partner yang tertarik untuk berinvestasi di Semerbak Coffee, bisa memesan tester terlebih dahulu. Semerbak Coffee menggunakan media Informatika, yaitu internet dan website untuk memberikan kemudahan bagi para partner maupun calon partner. Hal tersebut membuat SemerbakCoffee mempunyai Outlet yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Lalu bagaimana untuk karyawan intern yang ada di Inti perusahaan SemerbakCoffee ? Perusahaan tersebut menggunakan media website yang mereka punya untuk membuka lowongan pekerjaan, halaman tersebut bisa diakses di Halaman Career . Para pencari pekerjaan bisa mengupload CV dan identitas mereka di website tersebut.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Lingkungan

SemerbakCoffee sudah cukup diminati oleh para penikmat coffee, karena perusahaan tersebut mempunyai 2 motto, yaitu
  • Peluang bisnis yang low maintenance dan low investment, tapi high style
    dan high profit.
  • Ngopi nikmat dan gaya ga pake mahal

Hal tersebut dapat membuat perusahaan tersebut mempunyai Image yang baik di lingkungan dimana Outlet berada. Mengapa cukup diminati ? Karena Semerbak Coffee menyarankan para partner untuk membuka Outlet di Mal/pasar, foodcourt, area perumahan, area perkantoran, area kampus/sekolah. Kerena jika outlet mereka berada di tempat keramaian, Partner akan mendapat income yang besar.

Contoh Outlet Semerbak Coffee

Jadi, kesimpulannya adalah, Semerbak Coffee sudah menyatukan bisnis dan informatika menjadi suatu cara untuk membuat maju perusahaannya. Karena melalui website dan internet, akan memberikan berbagai kemudahan bagi para calon partner dan partner yang akan menginvestasikan uangnya untuk mulai membuka outlet Semerbak Coffee

Source : 
http://yoir.wordpress.com/bisnis-informatika/
http://semerbakcoffee.com

1 komentar: