Wah
, udah lama ga ngeblogs lagi nih.... baru masuk kuliah dan kebetulan
dapet tugas yang disuruh ngebahas tentang bisnis informatika. Apa
sih yang dimaksud dengan bisnis informatika ? Bisnis ya bisnis,
informatika ya informatika.. kok digabung ? Bisa ya ? And jawabannya
adalah SANGAT BISA... Well, untuk pertama dalam pembahasan ini, saya
akan bahas apa itu Bisnis Informatika, lalu selanjutnya saya akan
bahas salah satu usaha bisnis yang menggunakan informatika.
Bisnis
Informatika merupakan 2 kata yang berasal dari kata “Bisnis” dan
“Informatika”. Bisnis berasal dari kata
business
= busy = sibuk.
Bisnis dalam arti luas menggambarkan semua aktifitas dan institusi
yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Informatika
(Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari
beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan
menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk
informasi.
So,
dapat diambil kesimpulan bahwa Bisnis Informatika merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki
nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi
informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi
informasi, seperti internet.
Well,
sudah ngerti kan apa itu bisnis informatika ? Nah, sekarang saya akan
berusaha review salah satu usaha bisnis yang menggunakan Informatika
sebagai salah satu cara untuk menjalankan usaha/bisnisnya. Perusahaan
yang akan saya bahas disini adalah tentang Minuman kopi, bisa
dibilang ini adalah “Starbucks-nya” Indonesia, ada yang tau ?
yap... usaha yang akan saya bahas adalah Semerbak Coffee. Apa ya yang
akan saya bahas disini.. Saya akan membahas kaitan antara Semerbak Coffee dengan bisnis informatika. Langsung aja kali ya ke point
pertama dari bahasan ini.
Menurut
website resmi dari Semerbak Coffee, dijelaskan Visi dan Misi dari
semerbak Coffee, yaitu
Visi
Menjadi franchise minuman kopi blended siap saji no.1 di Indonesia dengan investasi yang terjangkau.
Misi
Memberikan kepuasan kepada konsumen dengan berfokus pada produk, sistem dan pelayanan yang berkualitas
Menjadi franchise minuman kopi blended siap saji no.1 di Indonesia dengan investasi yang terjangkau.
Misi
Memberikan kepuasan kepada konsumen dengan berfokus pada produk, sistem dan pelayanan yang berkualitas
Sumber
Daya Manusia
SemerbakCoffee merupakan salah satu perusahaan waralaba lokal kopi-blend yang
pada awalnya hanya terdapat satu otlet. Namun dengan respon yang
sangat bagus dari konsumen, bisnis ini semakin berkembang dan
berkembang. Sekarang, sudah tersebar 270
outlet,
tersebar di seluruh Indonesia (per 31 Desember 2010).
Lalu bagaimana untuk bisa mendapatkan outlet yang tersebar di seluruh
Indonesia tersebut ? Semerbak Coffee mempunyai situs website yang
dapat digunakan untuk registrasi untuk menjadi partner mereka.
Berbagai kemudahan ditawarkan Semerbak Coffee, diantara lain adalah
partner bisa memesan produk, mendownload proposal, bahkan untuk calon
partner yang tertarik untuk berinvestasi di Semerbak Coffee, bisa
memesan tester terlebih dahulu. Semerbak Coffee menggunakan media
Informatika, yaitu internet dan website untuk memberikan kemudahan
bagi para partner maupun calon partner. Hal tersebut membuat SemerbakCoffee mempunyai Outlet yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.
Lalu
bagaimana untuk karyawan intern yang ada di Inti perusahaan SemerbakCoffee ? Perusahaan tersebut menggunakan media website yang mereka
punya untuk membuka lowongan pekerjaan, halaman tersebut bisa diakses
di Halaman Career . Para pencari pekerjaan bisa mengupload CV dan identitas mereka di
website tersebut.
Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Lingkungan
SemerbakCoffee sudah cukup diminati oleh para penikmat coffee, karena
perusahaan tersebut mempunyai 2 motto, yaitu
- Peluang bisnis yang low maintenance dan low investment, tapi high style
dan high profit. - Ngopi nikmat dan gaya ga pake mahal
Hal
tersebut dapat membuat perusahaan tersebut mempunyai Image yang baik
di lingkungan dimana Outlet berada. Mengapa cukup diminati ? Karena
Semerbak Coffee menyarankan para partner untuk membuka Outlet di
Mal/pasar, foodcourt, area perumahan, area perkantoran, area
kampus/sekolah. Kerena jika outlet mereka berada di tempat keramaian,
Partner akan mendapat income yang besar.
Contoh Outlet Semerbak Coffee
Jadi,
kesimpulannya adalah, Semerbak Coffee sudah menyatukan bisnis dan
informatika menjadi suatu cara untuk membuat maju perusahaannya.
Karena melalui website dan internet, akan memberikan berbagai
kemudahan bagi para calon partner dan partner yang akan
menginvestasikan uangnya untuk mulai membuka outlet Semerbak Coffee.
Source :
http://yoir.wordpress.com/bisnis-informatika/
http://semerbakcoffee.com
Source :
http://yoir.wordpress.com/bisnis-informatika/
http://semerbakcoffee.com
keren kak infonya makasih
BalasHapusElever SEO