Senin, 28 November 2011

Tutorial Manusia Salju pada Blender


Shalom semua...

Wah.. saya telah mencoba satu lagi hal baru di bidang teknologi nih, khususnya di bidang grafik, yaitu bidang grafik 3 dimensi. Ternyata bidang grafik 3D ini cukup seru dan menarik. Ada banyak software yang bisa dipakai untuk membuat Objek 3D ini, tapi pada kali ini saya akan fokus pada salah satu software, yaitu Blender.

Wah... apa sih itu blender ? Yang pasti bukan sebuah alat untuk bikin juice, atau menghaluskan bumbu dapur dong ya... Blender itu adalah salah satu software yang bisa dipakai untuk membuat objek sampai dengan animasinya. Dan salah satu kelebihan Blender, yaitu Free Software. Artinya, blender dapat dipakai oleh siapa saja tanpa harus membayar sepeserpun.

Ok, langsung aja masuk ke tutorial membuat sebuah objek 3D dengan blender. Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat obejek Manusia Salju. Mengapa saya membuat manusia salju ? Alasannya yaitu karena untuk membuat manusia salju ini, sangat mudah dan membutuhkan waktu yang sedikit. Dan alasan lainnya karena bulan Desember, dunia akan merayakan Hari Natal, dan biasanya di Natal yang jatuh bulan Desember, di luar negeri sana yang mempunyai musim salju, akan sangat banyak manusia salju dimana-mana.

Langsung saja, setelah kita download blender di http://www.blender.org/ dan menginstallnya pada PC kita, masuk ke aplikasi blender yang ada pada PC anda. Maka akan terlihat tampilan sebagai berikut :





Secara default, blender akan menampilkan sebuah objek kubus pada saat menjalankan program blender, Langkah pertama yaitu kita harus menghapus objek tersebut dengan menekan shortcut X dan pilih delete. Lalu buat sebuah objek dengan menekan shortcut SHIFT+A dan pilih UV Sphere, karena kali ini saya akan membuat manusia salju yang secara garis besar terbentuk dari bangun ruang Bola.


Jika ingin membesarkan sebuah objek pada blender, kita bisa menekan shortcut S dan besarkan atau kecilkan sesuai dengan keiinginan kita. Lalu selanjutnya duplikat objek tersebut untuk kita jadikan kepala, dengan menekan shortcut SHIFT+D dan pindahkan posisinya sampai tepat berada di atas objek sebelumnya. Sehingga terbentuk objek berikut :



Lalu buatlah mata dengan objek UV Sphere, dengan melakukan cara sebelumnya yaitu dengan membaut objek dan lakukan pergeseran dan perkecil objek sampai berbentuk berikut :


Lalu buatlah hidung dengan menggunakan Objek Cone, sehingga sekarang Objek berbentuk :





Lalu selanjutnya kita akan memberikan topi pada manusia salju, dengan menggunakan objek gabungan antara UV Sphere dan Tabung. Maka sekarang manusia salju yang kita buat menjadi berikut :




Lalu selanjutnya buatlah objek UV Sphere yang akan dijadikan sebagai tangan manusia salju, sehingga sekarang bentuknya menjadi sebagai berikut :


Lalu buatlah kancing dengan menggunakan objek UV Sphere :



Lalu buatlah pohon sebagai pelengkap dari latar objek yang akan kita buat ini. Sebuah pohon cemara merupakan gabungan antara Cone dan Tabung, lakukan pembesaran, pergeseran, dan duplkasi pohon sehingga berbentuk berikut :



Setelah objek dan latar berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu memberikan warna pada semua objek yang telah dibuat, dengan memilih tools material yang ada di bagian kanan dari interface aplikasi Blender.


Klik objek yang akan diberi warna, lalu Klik New dan pilih warna yang diinginkan. Setelah semua objek diberi warna, maka hasilnya akan menjadi sebagai berikut :




setelah objek diberi warna, terdapat satu hal yang kurang dari objek di atas, yaitu manusia salju masih terlihat “terbang”. Maka langkah selanjutnya yaitu memberikan alas dari objek-objek tersebut, dengan menggunakan UV Sphere yang diperbesar dan digepengkan, sehingga menjadi sebagai berikut :



Lalu langkah selanjutnya yaitu ubah sumber cahaya yang akan digunakan dengan matahari. Pada blender, cahaya default yang akan dipakai yaitu point, untuk merubahnya, maka gunakan tools yang ada disamping, yaitu dengan cara klik lampu yang berada di atas objek. Dan ubah setting default dari POINT, ubah ke SUN, maka cahaya lampu akan berubah menjadi matahari.



Setelah semua terlihat menarik, maka cobalah untuk merender objek yang telah kita buat, dengan menekan tombol F12 pada keyboard anda. Sehingga tampilan objek menjadi sebagai berikut :



Pada hasil render, terlihat beberapa kesalahan, yaitu terdapat kilauan yang sedikit mengganggu tampilan, untuk menghilangkannya, caranya sangat mudah, yaitu ubah Intensity pada masing-masing warna :


Ubah intensity menjadi 0 (nol). Dan jika kita render ulang, maka akan terlihat objek tanpa kilauan.


Lalu langkah selanjutnya yaitu kita akan menambahkan warna pada langit yang menjadi latar dari objek yang telah kita buat. Untuk menambahkan warna langit, maka klik tools World dan pilih Blend Sky dan pilih warna yang diinginkan. Dan Checklist pada bagian Environment Ligthing dan Ambient Occlusion, Environment Lighting berfungsi untuk menambahkan efek cahaya yang berasal dari langit agar mempengaruhi objek yang ada. Sedangkan ambient occlusion berfungsi untuk menghilangkan noise yang menghasilkan warna “hitam” pada objek-objek yang ada.



Sehingga tampilan akan menjadi sebagai berikut :


Jika kita melihat hasil render diatas, maka akan terlihat objek yang sedikit kasar dan terdapat titik-titik hitam pada objek-objek yang ada, untuk menghilangkan noise tersebut, tambahkan Sampling pada objek yang kita buat. Masih dalam tools World, pilih Sampling dan tambahkan menjadi 20 yang semula berjumlah 5. Dan ubah jenis Sampling menjadi Adaptive. Sehingga tampilan akhir menjadi sebagai berikut :



Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.
God bless you.. :)

Referensi :
http://www.youtube.com/user/animasiDKVsttsTutor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar