Shalom semua...
Wah.. saya telah mencoba
satu lagi hal baru di bidang teknologi nih, khususnya di bidang
grafik, yaitu bidang grafik 3 dimensi. Ternyata bidang grafik 3D ini
cukup seru dan menarik. Ada banyak software yang bisa dipakai untuk
membuat Objek 3D ini, tapi pada kali ini saya akan fokus pada salah
satu software, yaitu Blender.
Wah... apa sih itu
blender ? Yang pasti bukan sebuah alat untuk bikin juice, atau
menghaluskan bumbu dapur dong ya... Blender itu adalah salah satu
software yang bisa dipakai untuk membuat objek sampai dengan
animasinya. Dan salah satu kelebihan Blender, yaitu Free Software.
Artinya, blender dapat dipakai oleh siapa saja tanpa harus membayar
sepeserpun.
Ok, langsung aja masuk ke
tutorial membuat sebuah objek 3D dengan blender. Pada kesempatan kali
ini, saya akan membuat obejek Manusia Salju. Mengapa saya membuat
manusia salju ? Alasannya yaitu karena untuk membuat manusia salju
ini, sangat mudah dan membutuhkan waktu yang sedikit. Dan alasan
lainnya karena bulan Desember, dunia akan merayakan Hari Natal, dan
biasanya di Natal yang jatuh bulan Desember, di luar negeri sana yang
mempunyai musim salju, akan sangat banyak manusia salju dimana-mana.
Langsung saja, setelah
kita download blender di http://www.blender.org/
dan menginstallnya pada PC kita, masuk ke aplikasi blender yang ada
pada PC anda. Maka akan terlihat tampilan sebagai berikut :
Secara default, blender
akan menampilkan sebuah objek kubus pada saat menjalankan program
blender, Langkah pertama yaitu kita harus menghapus objek tersebut
dengan menekan shortcut X dan pilih delete. Lalu buat sebuah objek
dengan menekan shortcut SHIFT+A dan pilih UV Sphere, karena kali ini
saya akan membuat manusia salju yang secara garis besar terbentuk
dari bangun ruang Bola.
Jika ingin membesarkan
sebuah objek pada blender, kita bisa menekan shortcut S dan besarkan
atau kecilkan sesuai dengan keiinginan kita. Lalu selanjutnya
duplikat objek tersebut untuk kita jadikan kepala, dengan menekan
shortcut SHIFT+D dan pindahkan posisinya sampai tepat berada di atas
objek sebelumnya. Sehingga terbentuk objek berikut :
Lalu buatlah mata dengan
objek UV Sphere, dengan melakukan cara sebelumnya yaitu dengan
membaut objek dan lakukan pergeseran dan perkecil objek sampai
berbentuk berikut :
Lalu buatlah hidung
dengan menggunakan Objek Cone, sehingga sekarang Objek berbentuk :
Lalu selanjutnya kita
akan memberikan topi pada manusia salju, dengan menggunakan objek
gabungan antara UV Sphere dan Tabung. Maka sekarang manusia salju
yang kita buat menjadi berikut :
Lalu selanjutnya buatlah
objek UV Sphere yang akan dijadikan sebagai tangan manusia salju,
sehingga sekarang bentuknya menjadi sebagai berikut :
Lalu buatlah kancing
dengan menggunakan objek UV Sphere :
Lalu buatlah pohon
sebagai pelengkap dari latar objek yang akan kita buat ini. Sebuah
pohon cemara merupakan gabungan antara Cone dan Tabung, lakukan
pembesaran, pergeseran, dan duplkasi pohon sehingga berbentuk berikut
:
Setelah objek dan latar
berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu memberikan warna pada
semua objek yang telah dibuat, dengan memilih tools material yang ada
di bagian kanan dari interface aplikasi Blender.
Klik objek yang akan
diberi warna, lalu Klik New dan pilih warna yang diinginkan. Setelah
semua objek diberi warna, maka hasilnya akan menjadi sebagai berikut
:
setelah objek diberi
warna, terdapat satu hal yang kurang dari objek di atas, yaitu
manusia salju masih terlihat “terbang”. Maka langkah selanjutnya
yaitu memberikan alas dari objek-objek tersebut, dengan menggunakan
UV Sphere yang diperbesar dan digepengkan, sehingga menjadi sebagai
berikut :
Lalu langkah selanjutnya
yaitu ubah sumber cahaya yang akan digunakan dengan matahari. Pada
blender, cahaya default yang akan dipakai yaitu point, untuk
merubahnya, maka gunakan tools yang ada disamping, yaitu dengan cara
klik lampu yang berada di atas objek. Dan ubah setting default dari
POINT, ubah ke SUN, maka cahaya lampu akan berubah menjadi matahari.
Setelah semua terlihat
menarik, maka cobalah untuk merender objek yang telah kita buat,
dengan menekan tombol F12 pada keyboard anda. Sehingga tampilan objek
menjadi sebagai berikut :
Pada hasil render,
terlihat beberapa kesalahan, yaitu terdapat kilauan yang sedikit
mengganggu tampilan, untuk menghilangkannya, caranya sangat mudah,
yaitu ubah Intensity pada masing-masing warna :
Ubah intensity menjadi 0
(nol). Dan jika kita render ulang, maka akan terlihat objek tanpa
kilauan.
Lalu langkah selanjutnya
yaitu kita akan menambahkan warna pada langit yang menjadi latar dari
objek yang telah kita buat. Untuk menambahkan warna langit, maka klik
tools World dan pilih Blend Sky dan pilih warna yang diinginkan. Dan
Checklist pada bagian Environment Ligthing dan Ambient Occlusion,
Environment Lighting berfungsi untuk menambahkan efek cahaya yang
berasal dari langit agar mempengaruhi objek yang ada. Sedangkan
ambient occlusion berfungsi untuk menghilangkan noise yang
menghasilkan warna “hitam” pada objek-objek yang ada.
Sehingga tampilan akan
menjadi sebagai berikut :
Jika kita melihat hasil
render diatas, maka akan terlihat objek yang sedikit kasar dan
terdapat titik-titik hitam pada objek-objek yang ada, untuk
menghilangkan noise tersebut, tambahkan Sampling pada objek yang kita
buat. Masih dalam tools World, pilih Sampling dan tambahkan menjadi
20 yang semula berjumlah 5. Dan ubah jenis Sampling menjadi Adaptive.
Sehingga tampilan akhir menjadi sebagai berikut :
Sekian penjelasan dari
saya, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar