Minggu, 06 November 2011

Grafis dan Budaya

Saat ini, bidang grafis sangat berkembang di dunia. Banyak fungsi grafis yang terlihat nyata di dalam segala aspek. Contohnya teknologi yang semakin berkembang. Bahkan di dunia selain dari teknoogi pun, grafis memiliki andil yang luar biasa. Sebagai contoh di bidang budaya, saat ini, banyak sekali kegunaan grafis yang terlihat. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas beberapa fungsi atau kegunaan dari grafis dalam bidang budaya.
Ada banyak bidang dalam budaya yang menggunakan grafis sebagai pembantu dalam membantu pengembangan budaya. Saya akan membahas beberapa hal, yaitu :
  1. Museum Online
  2. E-learning
MUSEUM ONLINE



Pertama, saya akan membahas tentang museum online. Di dunia yang serba berkembang ini, tingkat mobilitas penduduk di dunia sangat tinggi. Bahkan terkadang para orang tua pun tidak sempat untuk mengajak anak-anak mereka untuk berkunjung ke Museum, dan belajar banyak hal disana. Padahal, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan pembelajaran dalam bidang pengetahuan. Hal ini sangat disayangkan oleh berbagai orang yang bergerak di bidang budaya. Oleh karena itu, orang-orang yang konsen di bidang budaya mencari cara untuk dapat mengembangkan budaya. Maka dari itu, munculah MUSEUM ONLINE, dimana orang dapat mencari ilmu pengetahuan tanpa harus datang ke museum yang bersangkutan. Saat ini, di dunia banyak sekali website yang menyediakan museum online, diantaranya :
Dari berbagai website di atas, beberapa diantaranya adalah Museum Online yang menyediakan fitur secara gratis, tetapi ada juga yang mengharuskan penggunanya membeli tiket untuk dapat menggunakan website tersebut.
Perkembangan website yang menyediakan Museum Online dirasakan sangat bermanfaat oleh orang banyak. Karena orang yang berada di belahan dunia manapun, jika ingin mengunjungi Museum tentang kebudayaan suatu negara, hanya perlu membuka webiste dan dapat melihat-lihat fitur yang disediakan museum online tersebut.
E-Learning

Selain museum online, grafis juga dapat membantu budaya di bidang website yang menyediakan fitur pengunjung website dapat belajar sekaligus berinteraksi dengan berbagai bidang budaya. Hal ini biasa disebut sebagai E-Learning. Saat ini, juga banyak berkembang webiste yang menyediakan fasilitas E-Learning, dianataranya :
Perkembangan grafis pada dasarnya sangat penting dalam membantu suatu budaya berkembang. Tetapi, untuk di Indonesia sendiri, perkembangan grafis dalam budaya dirasakan sedikit kurang. Tetapi Indonesia sudah mulai bangkit untuk menuju perkembangan budaya melalui Grafis. God bless Indonesia......
Demikian ulasan dari saya mengenai perkembangan grafis dalam budaya. Semoga dapat membuka pandangan kita...
God bless you all....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar