Minggu, 06 November 2011

Grafik dan IMK Part 2


Setelah sebelumnya saya membahas bagaimana grafis dapat membantu interaksi manusia dan komputer melalui tepatnya memilih warna, sekarang saya akan membahas bagaimana grafis dapat membantu manusia untuk berinteraksi dengan komputer,  atau dalam bidang IMK (Interaksi Manusia dan Komputer), khusunya melalui pemilihan icon yang tepat.
Menurut Wikipedia , interaksi manusia dan komputer didefinisikan dengan ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Interaksi itu sendiri berarti komunikasi. Jadi, interaksi manusia dan komputer yaitu komunikasi yang berlangsung antara manusia dan komputer. Lalu muncul pertanyaan:
Apa sih manfaat grafis dalam IMK ?
sebenernya manfaat grafis banyak banget untuk IMK. Salah satunya bagaimana grafis menjadi antarmuka antara komputer dan manusia. Sekarang kita bayangkan saja kalau komputer hanya berwarna Hitam-putih saja tanpa adanya grafis yang menarik ? Sungguh sangat membosankan bukan ? Oleh karena itu, saat ini berkembanglah grafis yang menarik untuk mempermudah interaksi antara manusia dan komputer. Saat ini saya akan mengupas sedikit tentang icon-icon yang mempermudah interaksi antara manusia dan komputer.
Di dalam interaksi manusia dan komputer, peranan icon sangat penting. Beberapa icon yang saat ini banyak dipakai untuk mempermudah interaksi tersebut, antara lain :
1. Icon Turn Off / Shutdown
Icon di atas merupakan icon yang ditampilkan untuk menggantikan kata-kata "Shutdown" atau "Turn Off". Dengan adanya icon tersebut, tanpa adanya kata-kata tersebut, user yang menggunakan komputer pun akan mengetahui kalau button yang terdapat icon tersebut berfungsi untuk shutdown atau turn off.

2. Icon Login
 
Icon di atas ini merupakan Icon untuk memberitahukan user untuk fungsi login. Icon tersebut digambarkan dengan tanda panah yang menunjuk kepada pintu yang terbuka. Hal tersebut memudahkan user untuk mengetahui bahwa button atau gambar yang terdapat icon tersebut menunjukkan fungsi login ke suatu sistem atau aplikasi.

3. Icon Logout / Log off
Icon di atas merupakan icon untuk memberitahukan user bahwa icon tersebut untuk log off / logout sistem atau aplikasi. Dengan atau tanpa tulisan log off / logout pun, user akan mengatahui fungsi icon tersebut.

4. Icon close

 
Nah... kalau icon di atas itu adalah icon yang biasanya kita lihat di window pada komputer kita. Jika kita lihat di bagian kanan window pada komputer kita, jika kita sedang menjalankan aplikasi, maka icon tersebut selalu ada di baunigian kanan atas window kita. icon tersebut memberitahukan fungsi close program pada. Icon tersebut, akan mempermudah interaksi antara manusia dan komputer. bayangkan saja bila icon tersebut diganti dengan tulisan saja ? sungguh terasa aneh bukan ? oleh karena itu icon tersebut sangat berguna untuk komunikasi antara komputer dan manuisa.

5. Icon minimize
Icon tersebut adalah icon yang menggantikan kata-kata MINIMIZE. Dilambangkan dengan tanda strip yang berada di bagian bawah kotak. Letak icon ini juga biasanya berada di bagian kanan atas window pada aplikasi.
Sebenarnya, banyak sekali icon yang berada di sekitar kita sebagai media grafis untuk membantu interaksi antara manusia dan komputer. Bentuk icon pada dasarnya sama, hanya seringkali ada perubahan gambar yang ada di icon tersebut. Hal ini tergantung dari bagaimana para desainer merancang icon tersebut. Tetapi perubahan bentuk gambar dari icon tersebut tidak boleh terlalu siginifikan sampai user tidak mengetahui fungsi sebenarnya dari icon tersebut. Dan tentunya warna juga sangat mempengaruhi jalannya interaksi antara manusia dan komputer.
Sekian dari pembahasan saya, semoga penjelasan dari saya bermanfaat bagi para pembaca.

Salam Admin.
God bless you....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar