Jumat, 28 Desember 2012

Marketing Mix - Tugas 4 Softskill

Hallo blogger...

Kali ini saya akan mencoba untuk mejelaskan tentang konsep marketing yaitu Marketing Mix 4P.  Apa saja 4P itu ? Mix 4P adalah :



  • Promotion
Promotion pada konsep Mix 4P mencakup :
    1. Promosi/penjualan
    2. Iklan
    3. Pramuniaga
    4. Public Relation
    5. Direct Marketing
  • Product
    Product pada konsep Mix 4P mencakup :
    1. Variasi Produk
    2. Kualitas
    3. Design
    4. Fitur 
    5. Merek
    6. Kemasan
    7. Ukuran
    8. Layanan
    9. Jaminan
    10. Pengembalian
  • Price
Price pada konsep Mix 4P mencakup :
    1. Daftar Harga
    2. Diskon
    3. Daya Beli
    4. Pembayaran 
    5. Kredit

  • Place
Place pada konsep Mix 4P mencakup :
    1. Jalur
    2. Cakupan
    3. Daftar Isi
    4. Lokasi
    5. Inventory
    6. Transport 

keempat elemen tersebut jika diterapkan ke dalam bisnis informatika tentunya akan sangat membawa dampak yang sangat positif bagi perusahaan.
Kali ini saya akan mencoba membedah website dari Semerbak Coffee Store yang menurut saya sudah menerapkan konsep dari marketing MIX 4P tersebut di wesbite mereka.



1. Promotion

Website dari Semerbak Coffee Store tersebut beralamatkan di http://semerbakcoffeestore.com. Pada halaman home website tersebut, sudah ditampilkan produk dan promosi mereka, seperti kaos maupun kopi dalam berbagai kemasan dan rasa. Mereka juga membuat satu page khusus untuk halaman promosi. Pada halaman tersebut, mereka mencoba menarik konsumen dengan salah satu lomba foto terunik dan pemenangnya akan mendapatkan satu paket kopi tanpa diundi.



2. Produk

Produk yang ditawarkan oleh Semerbak Coffee tidak hanya kopi, melainkan juga ada kaos yang dapat dibeli secara online di website mereka. pada halaman home, terdapat kategori di bagian sidebar. Kategori tersebut bisa dipilih berdasarkan paket kopi yang diinginkan.

Semerbak Coffee menawarkan produk yang cukup variatif dengan berbagai rasa dan kemasan yang menarik. 





3. Price

Semerbak coffee juga menampilkan harga pada online shop mereka. Hal ini tentunya sangat memudahkan konsumen untuk melihat harga dari produk yang ingin mereka pesan.
Semerbak coffee menawarkan produk kopi dan merchandise dalam bentuk kaos yang cukup variatif dengan harga yang relatif murah. 

4. Place

Place merupakan elemen yang penting dari marketing. Untuk alamat dari Semerbak Coffee Store, Terdapat di menu "Tentang Kami", sedangkan untuk menghubungi mereka, mereka menyediakan form yang tersedia di halaman "Hubungi Kami"


Sekian dari penjelasan saya tentang konsep marketing Mix 4P, jika ada kekuarangan mohon dimaafkan....

God bless you... ^_^

1 komentar: